Search this blog


Home About Contact
Sabtu, 12 April 2008

Film The Conductors (2008)

GENRE : Dokumenter Indie/Dokumenter
PEMAIN : Yuli Soemphil, Adjie MS, AG Soedibyo
SUTRADARA : Andy Bachtiar Yusuf
PENULIS NASKAH : Andy Bachtiar Yusuf
PRODUSER : Andy Bachtiar Yusuf
RUMAH PRODUKSI : Bogalakon Pictures
DURASI : 85 Menit
KLASIFIKASI PENONTON : Segala Umur
TANGGAL RILIS : 09 Desember 2007 (Jiffest), 20 Februari 2008 (Blitzmegaplex)


SINOPSIS :

Diawali dengan sketsa saat ribuan Aremania meneriakkan yel-yel dan menyanyikan lagu-lagu saat tim Arema, Malang, bertamu ke kandang Persebaya, Surabaya, yang dipenuhi bonek (bondo nekat). Namun, gemuruh suara mereka ternyata mampu membangun sensasi tersendiri. Nampak, dikejauhan lagu dan irama yang mereka nyanyikan ternyata mengitui gerak tangan dari seorang pria yang berdiri di atas pagar pembatas, dialah Yuli “Soemphil”, konduktor yang memimpin puluhan ribu kepala untuk bernyanyi.

The Conductors berusaha untuk mengungkap sisi lain dari tiga orang konduktor dengan latar belakang berbeda, Addie MS (Twilite Orchestra), AG Sudibyo (Paduan Suara Mahasiswa UI) dan Yuli “Soemphil” (Aremania). Menampilkan kiat dan semangat dari anak manusia yang sangat mencintai profesinya tersebut. Perpaduan dari suara yang dihasilkan oleh puluhan hingga ribuan orang kala membawakan lagu ternyata mampu menjadi sebuah ilustrasi musik yang cukup menggetarkan dan mampu di tampilkan dengan baik oleh Ucup, panggilan akrab Andy Bachtiar Yusuf, sang sutradara.

REKOMENDASI :

Selama tujuh bulan, Ucup dibantu oleh dua orang kru utama, menggarap film ini. “Yang agak lama ya menunggu waktu pementasan pak Dibyo (AG. Sudibyo–red), karena baru sekitar bulan Agustus 2007 paduan suara UI tampil, “ ujar pendukung setia klub Persija ini.

“Aku cuma ingin orang tahu, bahwa film indie bisa jadi sebuah pilihan, jaman sekarang orang banyak yang nggak percaya hal itu,” jelas sutradara, penulis naskah sekaligus produser film yang menelan biaya sekitar 150 juta tersebut.

Rencananya, film yang tayang di Blitzmegaplex, Grand Indonesia sejak 20 Februari 2008 ini akan melakukan indie roadshow (pemutaran keliling) di pulau Jawa, sejak Maret hingga April 2008, luar Jawa mulai akhir April dan diakhiri dengan tampil dalam ajang Pusan International Film Festival di Busan, Korea Selatan Oktober mendatang.

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories